September 9, 2024

Burhanudin Jadi Inpektur Upacara Hari Kesaktian Pancasila

BELITUNG TIMUR – MB1 || Bupati Belitung Timur (Beltim) Burhanudin menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman kantor Bupati Beltim, Minggu (01/10/2023).

Suasana yang penuh khidmat pada upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini dihadiri juga Wakil Bupati Beltim Khairil Anwar, forkopimda, Sekda Kabupaten Beltim Ikhwan Fahrozi, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Beltim Bayu Priyambodo dan para pimpinan OPD serta para camat.

Selaras dengan tema peringatan tahun ini yaitu “Pancasila Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Maju”, Bupati Beltim Burhanudin menyampaikan bahwa Hari Kesaktian Pancasila menjadi momentum untuk memperkokoh rasa kebersamaan dan persatuan.

“Kita sebagai warga negara harus belajar dari sejarah bahwa dalam merebut kemerdekaan Indonesia diperoleh dengan pengorbanan. Kita sebagai generasi penerus harus berupaya menyatukan seluruh elemen masyarakat dan kita dipersatukan dalam satu idiologi yaitu Pancasila,” kata Burhanudin kepada Diskominfo Kabupaten Beltim.

Ia mengungkapkan saat ini di era informasi, nilai-nilai Pancasila mulai tergerus oleh aktivitas teknologi digital, dimana masyarakat sangat mudah mengakses informasi dan memanfaatkan potensi teknologi digital secara bebas yang bisa membawa dampak positif negatif.

‘Kita harus mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila jangan sampai nilai perjuangan tergerus oleh kemajuan teknologi yang bisa memprovokasi tatanan kehidupan bermasyarakat. Untuk itu, Pancasila harus dipahami secara utuh oleh generasi penerus sebagai sumber kekuatan demi keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia,” jelas Aan.

 

 

 

(ANDI.M)