September 21, 2024

Pemdes Sukahurip Kec. Cijambe Kab. Subang melaksanakan Hajat Ruat Bumi sekaligus meriahkan HUT RI ke 78

SUBANG – MB1 || Akhir memeriahkan HUT RI ke 78 tepatnya tanggal 31 Agustus 2023 Desa Sukahurip Kecamatan Cijambe Kabupaten Subang melaksanakan Hajat Ruat Bumi bertempat di lapang volly Sukahurip. (Kamis/31/08/2023)

Masyarakat Desa Sukahurip memenuhi lokasi Hajat Ruat Bumi dari setiap RT dengan warganya membawa Nasi Tumpeng yang merupakan adat khas Sunda setiap acara tersebut.

Pada kesempatan Hajat Ruat Bumi Hadir Camat Cijambe H.Nana Suyatna, S.Pd., Kp., M.Si., Danramil Cijambe Kapten Supardi, Iptu Kuswan, S.H., mengikuti acara Hajat Ruat Bumi yang dilaksanakan oleh Pemdes Sukahurip.

Kades Sukahurip Denny Syetiawan Permadhy memberikan keterangan ” kami dan masyarakat Desa Sukahurip sudah rutin melaksanakan Hajat Ruat Bumi menjelang Bulan Muharam dengan tujuan enyambut Tahun Baru Islam sekaligus melestarikan Budaya Adat Sunda

Dengan melaksanakan Hajat Ruat Bumi merupakan Etos bagi masyarakat Sunda agar yang bercocok tanam supaya dalam hasil panennya bagus, pedagang juga dapat menghasilkam keuntungan, pekerja supaya selamat ditempat kerjanya lebih utama sehat wal’afiat dan dimudahkan rizki serta dijauhkan dari balay “ucap Kades Sukahurip.

Setelah acara Hajat Ruat Bumi selesai agenda memeriahka.Hut RI ke 78 kami melaksanakan hiburan rakyat yaitu seni budaya sunda Jaipong tepatnya kamis malam jumat bertempat di lapang volly desa Sukahurip.

Kami dan Masyarakat Desa Sukahurip setelah melaksanakan bermacam-macam kegiatan memeriahkan HUT RI KE 78 endingnya berupa hiburan Rakyat Seni Budaya Sunda Jaipong yang merupakan visi dari masyarakat Desa Sukahurip ” pungkas Denny Syetiawan Permadhy selaku Kades Sukahurip.

 

 

 

(HDN)