September 21, 2024

Pekerjaan TPT dan SPAL di Desa Cibugel – Cisoka diduga Banyak Rekayasa, Penegak Hukum di Minta Turun Lapangan

KABUPATEN TANGERANG – MB1 || Pekerjaan proyek Tembok Penahan Tanah (TPT) dan SPAL yang dikerjakan di RT 01/07, Desa Cibugel, Kecamatan Cisoka, diduga penuh rekayasa pantas dan patut penegak hukum turun lapangan.

Pasalnya, pengerjaan pada pembangunan TPT tersebut diduga tidak menggunakan pondasi bawah (Sepatu-red), bahkan pada sulingan TPT tersebut terlihat jelas menggunakan potongan bambu dan bukan dari pipa PVC sebagaimana mestinya.

Adanya hal tersebut mengundang berbagai pertanyaan besar, kenapa hal itu dilakukan oleh pemborong, seakan mementingkan keuntungan belaka tanpa memikirkan mutu serta kwalitasnya  pembangunan, semestinya pemerintah lebih hati- hati menunjuk pihak ke 3 sebagai pelaksana pekerjaan agar kwalitas serta kwantitas pembangunanya terjamin.

Disamping itu, Terlihat miris pembangunan TPT di alamat tersebut, tidak adanya papan proyek informasi menambah kecurigaan ada apa di balik semuanya, banyak kalangan berpendapat kemana pejabat pengawasan proyek yang selama ini ditunjuk tentunya menjadi pertanyaan besar apakah ada dugaan antara pengawas dan pemborong melakukan Kongkalikong, pantas dan patut ditelusuri

Sementara itu, saat dikonfirmasi ke salahsatu warga setempat bahwa proyek tersebut sudah selesai sebulan yang lalu tepatnya di bulan Agustus 2023 lalu.

“Sudah dikerjakan sebulan yang lalu pak, baru selesainya beberapa hari yang lalu.” ungkap salah satu warga setempat, Kamis (7/9/23).

Saat dikonfirmasi melalui Kasi Ekonomi Bangunan Kecamatan Cisoka, Jajang Suryana menyebut pelaksanan TPT tersebut Surat Perintah Kerja (SPK) ada di bulan Agustus bukan di bulan September.

“Pekerjaan TPT dan Turap itu bulan Agustus Triwulan 3 sesuai SPK yang kami keluarkan,” jelasnya melalui pesan WhatsApp, Kamis (7/9/23).

Perlu diketahui, SPK tersebut berbeda dari sistem informasi publik (LKPP Sirup Kabupaten Tangerang) yang tercatat jadwal pelaksanaan kontrakannya ada di bulan Agustus 2023.

 

 

 

(Sukirno)