September 9, 2024

Kang Jimat Hadiri Ruwat Bumi di Desa Kawunganten Kec. Cikaum Kab. Subang

SUBANG – MB1 || Nama Desa Kawunganten berasal dari nama istri Syech Syarif Hidayatullah ( Sunan Gunung Jati) yaitu Nyimas Ratu Ayu Kawunganten merupakan salah satu adik dari Bupati Banten. (Minggu/01/10/2023)

Singkat cerita Syech Syarf Hidayatullah (Sunan Gunung Jati) meninggal dunia di Cirebon kemudian Nyimas Ratu Ayu Kawunganten pergi untuk memakamkan Suaminya ke Cirebon.

Setelah selesai pemakan Sunan Gunung jati kemudian Nyimas Ratu Ayu Kawunganten pulang kembali ke Banten namun ditengah perjalanan perahunya dihantam angin dan badai hingga terdampar di Ciasem.

Akhirnya Nyimas Ratu Ayu Kawunganten bermukim salah satu Desa yang diberi nama Desa Kawunganten tepatnya merupakan salah satu Desa di Kecamatan Cikaum Kabupaten Subang

dan kemudian wafat setelah siar Islam ke 10 Kabupaten di Jawa Barat.

Bupati Subang H. Ruhimat, didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Subang Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat, menyaksikan gelaran Ruwat Bumi Desa Kawunganten Kecamatan Cikaum.

Pada acara Ruwat Bumi tersebut Kang Jimat sapaan Bupati Subang bersama Mimih sapaan Ketua TP PKK Kabupaten Subang, menyaksikan karnaval yang disuguhkan oleh warga setiap RW yang ada di Desa Kawunganten.

Kang Jimat pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi atas diselenggarakan Ruwat Bumi di Desa Kawunganten yang merupakan salah satu situs bersejarah Islam, Agar para warga Desa kawunganten merawat dan menjaga serta melestarikan cagar situs bersejarah yang ada di Desanya ” ucap kang jimat.

 

 

 

(HDN)