September 21, 2024

Pemdes Bojong Klapanunggal Gelar Acara Memperingati hari lahirnya Nabi Muhamad SAW 1445 hijrah

KLAPANUNGGAL – BOGOR – MB1 || Pemerintah Desa Bojong menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam 1445 Hijriah yang dihadiri ratusan warga setempat, dihalaman kediaman kepala desa Bojong Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Senin (16/10/2023).

Peringatan Maulid Nabi Muhammad 1445 Hijriah dilaksanakan pemerintah Desa Bojong, kegiatan ini dihadiri Camat Klapanunggal bersama Sekcam dan unsur tripika lainnya, Ketua Majlis ta’lim Kecamatan, Kepala Desa, Sekertaris Desa, BPD, MUI, PKK, Staf desa, Karang Taruna, Linmas, tokoh ulama, para ustadz, ustajah, tokoh adat dan tokoh masyarakat setempat.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad dengan mengangkat Tema “Kita tingkatkan Iman dan Taqwa ” ini menghadirkan penceramah Dr. KH Wawan Aonillah Kamil MA dari Cibogo Cibarusah Bekasi.

Kepala Desa Bojong Ade Nurdiana SKM dalam sambutannya menyampaikan, “terlaksananya peringataan Maulid ini tidak lepas atas kerjasama yang baik seluruh lapisan masyarakat Desa Bojong dan aparatur pemerintah desa dalam rangka mempererat persatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, termasuk menambah wawasan tentang keagamaan. “ucapnya.

Lebih lanjut kepala desa menambahkan himbauannya terkait program pemerintah desa yang perlu diketahui dan dilaksanakan yaitu dianjurkan kepada seluruh warga masyarakat desa Bojong bagi yang belum terdaftar di BPJS kesehatan untuk segera mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS demi untuk kepentingan membantu meringankan pembayaran pengobatan, bagi warga yang belum terdaftar dengan kendala belum dipecahnya kartu keluarga (KK) segera diurus untuk dipisah dari induk bagi yang sudah berkeluarga, karena kartu keluarga adalah salah satu persyaratan sebagai anggota BPJS. “jelasnya.

Sementara itu Camat Klapanunggal Galuh Sri Wahyuni S.STP, MM. berharap dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad ini membuat situasi semakin sejuk dan membuat kita bertambah Iman dan Taqwa baik sesama antar manusia dan lebih-lebih kepada sang pencipta.

“Dalam rangka peringatan maulid nabi Muhammad Saw disiang hari ini kita semua bersyukur telah diberikan kesehatan semoga kita semua diberikan syafaatnya, dan juga dikuatkan iman Islam, marilah kita jadikan hari ini sebagai awal yang baru untuk membangun masyarakat yang lebih baik, yang didasarkan pada nilai nilai universal seperti perdamaian persatuan dan keadilan, “ujarnya.

“Saya ingin menyampaikan informasi ke warga masyarakat kecamatan Kelapanunggal bahwa besok hari Selasa tanggal 17 Oktober 2023 akan ada kegiatan Boling bupati Bogor berkunjung dikecamatan dalam acara boling tersebut juga diadakan pesta rakyat atau bazar sembako dan barang barang hasil UMKM warga masyarakat Klapanunggal, mohon doanya mudah mudahan acara tersebut bisa berjalan lancar dan sukses. “harapnya.

“Semoga peringatan maulid nabi kali ini, membawa berkah kepada kita semua, memberikan inspirasi dan membantu kita menjadi pribadi yang lebih baik. ‘tandasnya.

Penceramah Dr. KH. Wawan Aonillah Kamil MA dalam tausyiahnya memaparkan dalam ceramah ini kita akan membahas mengenai dua konsep yang yang sangat penting dalam Islam yaitu Iman dan Taqwa, kedua konsep ini merupakan dasar utama dalam kehidupan seorang muslim dan pemahaman yang mendalam tentang keduanya dapat membantu kita menjadi hamba Allah yang lebih baik.

“Iman mengacu kepada keyakinan dalam hati seseorang terhadap Allah, para malaikatnya, kitab kitabnya, rasul rasul nya, hari kiamat dan qadha dan qadar (ketentuan Allah), iman bukan hanya sekedar keyakinan, tetapi juga tindakan dan ucapan yang sesuai dengan keyakinan tersebut, iman memberikan petunjuk dalam hidup kita, iman adalah cahaya yang menerangi jalan kita dalam kegelapan, ketika kita memiliki iman yang kuat, kita memiliki kepercayaan bahwa Allah selalu bersama kita, menjaga dan memberi petunjuk kepada kita dalam setiap langkah hidup.

“Penting untuk dipahami bahwa Iman dan Taqwa saling berkaitan, iman yang kuat mendorong seseorang untuk meningkatkan taqwa mereka, sementara taqwa yang kuat memperkuat iman, ketika seseorang memiliki iman yang mendalam dia akan lebih cenderung menjalani hidup dengan taqwa yang tinggi, iman dan taqwa juga membantu kita menghadapi ujian dan cobaan dalam hidup.

“Iman adalah pondasi keyakinan kita sementara taqwa adalah tindakan yang muncul dari iman yang mendalam, kita harus selalu berusaha untuk memperkuat iman kita melalui pengetahuan ibadah dan repleksi, tingkatkanlah iman dan taqwa agar kita selamat dunia akhirat. “Tutupnya.

 

 

 

(Dede S)