September 17, 2024

Peringatan Hut LSM Kaliber Indonesia Bersatu Ke-19, Distrik 04 Kabupaten Bogor Gelar Acara

TANJUNGSARI – BOGOR – MB1 || LSM Kaliber Indonesia Bersatu Distrik 04 Kabupaten Bogor menggelar acara peringatan Gebyar Hari Ulang Tahun LSM Kaliber Ke-19 dengan mengangkat tema “Dengan Bersilahturahmi Hindari Perpecahan serta Memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa”, pada Sabtu, (28/10/23).

Hari Ulang Tahun LSM Kaliber Indonesia Bersatu Ke-19 yang jatuh pada tanggal 28 Oktober diadakan serentak diseluruh wilayah antero Indonesia.

Turut Hadir dalam acara, diantaranya, Camat Tanjungsari yang diwakili oleh Sekretaris Camat, Suryana, Kepala Desa Buana Jaya, Sudrazat, Kepala Desa Cibadak, Jajang Rusatala, SPd. MPd. juga Kepala Desa Tanjungsari, Japar Maulana, S, Farm Apt. juga dari kesepuhan, Bapak Kades Pasir Tanjung, yang kerap disapa Bapak Marwan, S, s, M.Si., dan para rekan Lsm, Rekan media, dan para tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

“Saya ucapkan terimakasih kepada para pendukung terselenggaranya acara ini dan kepada para anggota Dewan Penasehat yang sudah hadir, para pemimpin Desa, para tokoh, dan sesepuh, rekan lsm dan media, seluruh tamu undangan dan jajaran Lsm Kaliber Distrik 04 yang sudah mendukung terlaksana dan suksesnya acara ini,” Ujar Wawan Gunawan Ketua Distrik 04 Kabupaten Bogor, dalam sambutannya di Hut LSM Kaliber Indonesia Bersatu.

Ketua Wawan Gunawan mengatakan bahwa acara Gebyar Ulang Tahun LSM Kaliber Indonesia Bersatu ini serentak diadakan di seluruh Indonesia, maka itu, Kata Wawan Gunawan, bahwa Ketua Umum LSM Kaliber Indonesia Bersatu tidak bisa hadir.

“Ketua Umum Kami tidak bisa menghadiri di sini, (Distrik 04 Kabupaten Bogor) maka dari itu beliau mengirimkan teks sambutan yang akan saya bacakan seluruhnya,” Pungkasnya.

Kendati demikian, sambung Ketua Wawan, dalam membacakan pesan dari ketua Umum Kaliber yang dalam Amanahnya mengatakan, “bahwa berdirinya LSM Kaliber Indonesia Bersatu pada tanggal 28 Oktober yang bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, Hari ini usia lembaga Kami baru menginjak 19 tahun, Di usia muda ini, Kami akan berusaha menampilkan yang terbaik Kemaslahatan anggota kami khusus dan umumnya bagi masyarakat sekitar kami. Demi untuk mencapai tujuan dan cita cita kami sebagai lembaga masyarakat yang di Segani bukan di Takuti dan di Hormati bukan di Benci, maka kami akan terus bergerak mengedepankan silahturahmi, baik sesama anggota maupun antar lembaga juga dengan masyarakat,” pungkasnya Ketua Wawan Gunawan Membacakan Pesan dari Ketua Umum Kaliber Indonesia Bersatu, Bapak Heru Susanto.

“Kita sebagai anggota Kaliber harus memiliki jiwa Satria, keberadaan dan kehadiran Kaliber di Masyarakat sejatinya harus bermanfaat dan berdayaguna. Kehadiran Kita janganlah menjadi Benalu bagi masyarakat, mari kita tunjukkan bahwa Kaliber adalah lembaga Swadaya masyarakat yang keberadaan dibutuhkan oleh masyarakat,” Demikian isi Amanah Singkat dari Ketua Umum LSM Kaliber Indonesia Bersatu.

Suryana, Sekretaris Kecamatan Tanjungsari, yang mewakili Camat dalam sambutannya sangat mengapresiasi terhadap LSM Kaliber yang Exsis dan disiplin menjalankan tugasnya sebagai lembaga sosial kontrol dan membangun konduktivitas dengan pemerintah.

“Dan saya belum mendengar ada yang miring miring dari lsm kaliber dan selalu sesuai tupoksinya,” kata Sekcam.

Sekcam pun mengajak Lsm kaliber untuk bersinergi dengan pemerintah dan ikut lebih lagi berperan aktif dalam tugasnya, memantau dan mengawasi setiap kegiatan pemerintah.

“Sebentar lagi ada pembangunan kantor kecamatan tanjungsari yang biayanya cukup besar, yaitu kurang lebih 8 miliar rupiah, yang bertempat disebelah masjid agung, Nanti mohon untuk dipantau dan diawasi, baik itu dari lapisan masyarakat, dan rekan lsm dan rekan media,” ujarnya

Ucapan selamat Hut Lsm Kaliber ke-19 juga datang dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Bogor.

Dari Kesbangpol Kabupaten Bogor sangat mengapresiasi dan mendukung, “Semoga di ulang tahun ke 19 Lsm Kaliber Indonesia Bersatu bisa menjadikan Kabupaten Bogor lebih baik, Kami berharap partisipasi Lsm Kaliber sesuai bidangnya sosial kemasyarakatan yang berarti kegiatan bersama anggota masyarakat bersifat sosial meliputi kepekaan kepedulian, toleransi yang diwujudkan tindakan sehari hari.

“lsm kaliber semakin berjaya dan berharap bisa membantu untuk mewujudkan terwujudnya misi Kabupaten Bogor menjadi yang termaju, nyaman, dan berkeadaban,” pungkasnya dari pihak Kesbangpol di Hut Lsm Kaliber Indonesia Bersatu ke 19 tahun.

Dewan Penasehat, Sudrazat, dalam sambutannya yang cukup singkat untuk mendorong Lsm Kaliber Indonesia bersatu lebih bersemangat untuk terus menjalankan tugasnya dengan tegas dan sopan, beretika dan penuh tatakrama.

“Selama ini cukup saya akui, dedikasinya, royalitasnya, sosialnya juga saya acungkan jempol,” ujar Sudrazat.

Dari beberapa warga masyarakat saat diwawancarai saat pada saat pemberian santunan anak yatim, mengatakan sangat mendukung atas kegiatan sosial kepada masyarakat.

“Ternyata lsm Kaliber ini sangat perhatian ya pak, sekian banyak anak anak yatim disantuni,” pungkasnya beberapa warga masyarakat.

 

 

(Red MB1)