September 19, 2024

Peringati May Day Disnaker Beltim Gelar Cepat Tepat

BELITUNG TIMUR, MB1 II Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menggelar Cepat Tepat. Cepat Tepat ini bagian dari rangkaian Peringatan Hari Buruh atau May Day di Kabupaten Beltim, Senin (29/04/2024).

Cepat Tepat yang berlangsung di Ruang pertemuan DisnakerkopUKM Kabupaten, ini diikuti oleh 15 tim. Setiap tim berjumlah tiga orang.

Kepala Disnakerkop UKM Kabupaten Beltim, Gustaf Pilandra mengatakan Cepat Tepat dalam rangka peringatan May day ini baru pertama kali digelar di Kabupaten Beltim. Tujuannya agar para manajemen, serikat buruh dan para pekerja khususnya buruh, paham mengenai aturan ketenaga kerjaan.

“Jadi aturan ketenaga kerjaan itu kan selalu berubah dari waktu ke waktu. Kita ingin para pekerja terus meng update pengetahuan mereka tentang aturan yang ada,” kata Gustaf.

Mantan Kepala Diskominfo Beltim ini mengungkapkan soal Cepat Tepat semuanya berhubungan dengan ketenagakerjaan baik dari Undang-Undang Ketenagakerjaan, Peraturan Pemerintah maupun aturan BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan, serta hak-hak dan kewajiban buruh.

“Kita ingin bukan hanya di level manajemen dan serikat buruh saja yang paham, tapi juga seluruh buruh. Kegiatan ini juga untuk silaturhami mereka berkumpul,” ujar Gustaf.

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jamsostek Disnakerkop-UKM Kabupaten Beltim, Yuli Arwena menambahkan para peserta atau tim yang ikut merupakan perwakilan pekerja dari 9 perusahaan di Kabupaten Beltim. Setiap tim berisi manajemen, serikat buruh dan pekerja.

“Pesertanya dari 8 perusahan perkebunan dan satu dari perusahaan tambak udang. Sebenarnya ada 16 tim yang ikut mendaftar namun satu tim tidak hadir karena ada tamu yang datang ke perusahaan,” tambah Yuli.

Selain menggelar Cepat Tepat, pada peringatan Hari Buruh tahun 2024 di Kabupaten Beltim juga akan dilaksanakan jalan santai. Mengingat tahun ini Kecamatan Manggar yang jadi pelaksana, kegiatan akan berlangsung tepat pada 1 Mei 2024 di Taman Kota Manggar.

“Alhamdulillah kalau peringatan May Day di Kabupaten Beltim adem ayem saja. Biasanya kalau mau berkumpul mereka ke Provinsi,” ujar Yuli.

 

 

 

 

(ANDI.M)