September 20, 2024

Peserta Lomba Bertutur Berkurang, Ternyata Ini Alasannya

BELITUNG TIMUR, MB1 II Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Belitung Timur kembali menggelar Lomba Bertutur Tingkat Kabupaten Belitung Timur tahun 2024. Sebanyak 40 siswa dari SD dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) se Kabupaten Beltim mengikuti Lomba yang berlangsung di Gedung Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Beltim, Selasa (14/05/2024).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Beltim, Mudiarsono mengatakan Lomba Bertutur akan berlangsung selama empat hari, dari Senin (13/5/24) hingga Kamis (16/5/24). Setiap peserta akan diberikan waktu 15 menit untuk menuturkan cerita di hadapan para juri.

“Ceritanya kita yang tentukan, semuanya ada 5. Ceritanya merupakan kisah atau legenda rakyat Belitong, peserta tinggal memilih,” ungkap Yayan sapaan Mudiarsono.

Diakui Yayan, jumlah peserta lomba tahun ini berkurang. Jika tahun 2023 lalu peserta mencapai 50 orang lebih. Selain bertepatan dengan Lomba Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), panitia juga membatasi kelas peserta.

“Tahun lalu memang untuk anak SD/MI semua kelas. Namun tahun ini kita batasi hanya sampai kelas 4 saja,” jelas Yayan.

Pembatasan ini mengingat pemenang atau juara I akan mewakili Kabupaten Beltim untuk mengikuti lomba yang sama di tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Kita ikut aturan dari Provinsi, peserta hanya sampai siswa kelas 4 SD/MI saja. Jadi nanti diambil satu pemenang perwakilan Kabupaten,” kata Yayan yang didampingi Kepala Bidang Perpustakaan, Sulastini.

Tahun lalu juga selain Lomba Bertutur, DPK juga menggelar Lomba Menulis Cerita, sayangnya tahun ini Lomba tidak terlaksana. Hal ini lantaran terbatasnya anggaran untuk lomba.

“Anggaran kita terbatas, padahal di tingkat Provinsi juga ada juga Lomba Penulisan Cerita yang digelar Kantor Bahasa,” ujar Yayan.

 

 

 

(ANDI.M)