Agustus 3, 2024

Danrem 045/Gaya Dukung Program Pemda Kep. Bangka Belitung

BELITUNG, MB1 II Danrem 045/Gaya Brigjen TNI Safta Feryansyah, S.E., S.I.P., M. Han Mendukung program “Rampak Gemintang” (Gerakan Serempak Guna Eliminasi Kemiskinan dan Stunting Bangka Belitung) yang di gagas oleh Penjabat Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Safrizal ZA di Desa Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk, Belitung.

Pj Gubernur Babel mengatakan “Jadi “Rempak Gemintang” ini adalah gerakan serempak baik vertikal maupun horizontal dalam rangka mengatasi persoalan kemiskinan dan stunting di Bangka Belitung,” katanya di Tanjung Binga, Sijuk, Jumat.

Menurut dia, kemiskinan dan stunting adalah dua hal yang saling mempengaruhi, kemiskinan membuat potensi anak-anak stunting menjadi membesar.

Ia mengatakan, untuk itu, gerakan percepatan pengentasan kemiskinan dan penurunan stunting harus dilakukan secara serempak.

Safrizal berharap, melalui kegiatan “Rampak Gemintang” ini angka kemiskinan ekstrem di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bisa berkurang.

“Kami targetkan angka kemiskinan ekstrem di Bangka Belitung ini bisa menjadi nihil atau nol di 2024 karena saat ini masih terdata ada sekitar 8.000 rumah tangga miskin ekstrem di Bangka Belitung,” ujarnya.

Di samping itu, pihaknya juga menargetkan penurunan angka stunting melalui program “Rampak Gemintang”.

Saat ini, lanjut Safrizal, angka prevalansi stunting di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat ini berkisar antara 18-20 persen.

“Ini menjadi harapan dan kerja kami, kalau hasilnya nanti kita lihat di akhir tahun. Memang tidak bisa sekaligus karena penanganan stunting ini memang pada 1.000 hari pertama kehidupan dan harus dari hulu,” katanya.

Di sela-sela kegiatan Danrem 045/Gaya kepada awak media mengatakan akan selalu mendukung program pemerintah Daerah dalam mengatasi kemiskinan dan stunting di wilayah Bangka Belitung, TNI akan selalu siap menjadi garda terdepan.

 

 

 

Penrem 045/ Gaya