September 20, 2024

Kasrem 045/Gaya Ikut Serta Penanaman Pohon Serentak “Semarak Babel” Tahun 2024

PANGKALANBARU, MB1 II  Kasrem 045/Gaya Kolonel Inf Ichwansyah,S.H.,M.H mewakili Danrem 045/Gaya Penanaman pohon serentak dalam gerakan Semangat Menanam Rakyat Bangka Belitung (Semarak Babel) akan berlangsung di seluruh Kabupaten/Kota Se-Kepulauan Bangka Belitung tempat Halaman GOR Sahabuddin Kec.Pangkalanbaru Bangka Tengah, Selasa (23/7/2024).

Sambutan PJ.Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Dr.H.Safrizal ZA.,M.Si. menyampaikan Program Semangat Menanam Rakyat Bangka Belitung “SEMARAK Babel” merupakan gerakan bersama, seluruh komponen masyarakat untuk berupaya meningkatkan tutupan lahan melalui penanaman pohon.

Penanaman tidak sebatas jenis pohon atau kayu-kayuan, tetapi disesuaikan dengan usaha yang dilaksanakan, dan disesuaikan dengan kemampuan tumbuh tanaman pada lokasi yang ditanam. Penanaman diprioritaskan pada lahan terbuka dan lahan kritis untuk tetap menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Melalui Keputusan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Nomor : 188.44/127/DLHK/2024 tentang pembentukan kelompok kerja gerakan menanam satu juta pohon Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, saya berharap seluruh komponen yang tercantum, bisa berperan aktif dan meneruskan gerakan ini di waktu selanjutnya.

“Saya mengharapkan, dapat tertanam satu juta pohon di tahun 2024. Sesuai laporan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, hari ini akan dilaksanakan penanaman serentak sebanyak 57.351 batang atau setara 56 hektar dilaksanakan di 8 (delapan) lokasi utama penanaman di Kabupaten/Kota,” Ungkap PJ.Gubernur.

“Pada penanaman hari ini, seluruh Perangkat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diwajibkan menanam pada lokasi yang telah ditentukan,” Jelas PJ.Gubernur.

Pesan khusus saya kepada pemegang Perizinan Berusaha Pemanfaatan Hutan (PBPH) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk dapat merealisasikan rencana penanaman sesuai dengan perencanaan yang telah disusun.

Demikian juga pelaku usaha selain sektor kehutanan dan banyak memanfaatkan sumberdaya alam, sudah waktunya memulai memasukkan upaya perbaikan lingkungan ini dalam dalam rencana utama usahanya.

Hadir dalam kegiatan tersebut PJ. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Kapolda Babel, Wakajati Babel, Kabinda Babel, Danlanal Babel, Danpos AU Pangkalpinang, Pengadilan Tinggi diwakili Hakim Ad Hoc Tipikor, Ka DLHK Babel, Rektor universitas Muhammadiyah, Mahasiswa dan Pelajar Se-Bangka Belitung.

 

 

 

( Penrem 045/Garuda Jaya )