September 20, 2024

Para Juru Sembelih Dilatih Agar Halal

BELITUNG TIMUR, MB1 II Pemerintah Kabupaten Belitung Timur bersama Perwakilan Bank Indonesia Perwakilan Bangka Belitung dan Majelis Ulama Indonesia Provinsi Bangka Belitung mengelar Pelatihan Juru Sembelih Halal (Juleha) di Ruang Satu Hati Bangun Negeri Sekretariat Daerah, Kamis (22/08/2024).

Kegiatan diikuti oleh 50 orang penyembelih hewan, baik dari Tempat Potong Unggas (TPU), Rumah Potong Unggas (RPU) maupun Rumah Potong Hewan (RPH), pedagang daging ayam sapi serta para pemilik peternakan ayam dan sapi di Kabupaten Beltim.

Kegiatan ini agar para penyembelih sudah memiliki kompetensi dan pada akhirnya memiliki sertifikat halal. Mengingat saat ini dari 22 TPU/RPU yang ada di Kabupaten Beltim baru 7 yang memiliki sertifikat halal. Sedangkan untuk RPH sudah bersertifikat halal.

Bupati Beltim, Burhanudin melalui Asisten I Bidang Administrasi Pemerintahan, Sayono menyatakan sebagai Juleha, semua memiliki tanggung jawab yang sangat besar. Sebab pada dasarnya penyembelihan hewan merupakan ibadah yang harus dilakukan dengan penuh kesadaran, ketulusan, dan sesuai dengan kaidah syariat.

“Tapi pada kenyataannya, fenomena yang ada di lapangan masih banyak masyarakat yang memiliki hobi menyembelih hewan dan memakai atribut Juleha padahal kompetensi yang dimiliki belum terpenuhi,” kata Sayono.

Untuk itu, menurut Sayono keterampilan dalam penyembelihan hewan ternak secara halal ternyata tidak cukup hanya dengan menyembelih dan memotong saja. Setidaknya ada 13 kompetensi yang harus dimiliki oleh Juleha untuk mendapatkan sertifikat professional sebagai Juleha.

“Saya ingin mengingatkan pentingnya sertifikasi bagi setiap Juleha, yang mana sertifikat halal adalah bukti kompetensi dan kepercayaan masyarakat terhadap kualitas penyembelihan. Dengan memiliki sertifikat ini, rekan-rekan tidak hanya berkontribusi dalam memenuhi standar halal nasional, tetapi juga meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk-produk yang berasal dari daerah kita,” ujar Sayono.

 

 

 

(ANDI.M)