September 21, 2024

Kapolres Muba AKPP.Listiyono Dwi Nugroho Pimpin Apel Simulasi Sispam Kota Ops Mantap Praja 2024

MUSI BANYUASIN, MB1 II Untuk melihat kesiapan dan kemampuan personil dalam mengatasi suatu permasalahan dan keadaan terutama saat tahapan Pemilukada serentak tahun 2024, pada hari Minggu (25/08/2024) bertempat di lapangan terminal Randik Kelurahan Kayuara Kecamatan Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin telah dilaksanakan simulasi sispam kota (Sistem Pengamanan Kota) Ops Mantap Praja 2024.

Hadir pada kegiatan tersebut Kapolres Muba Akbp. Listiyono Dwi Nugroho SIK. MH., Wakapolres Muba Kompol Iwan Wahyudi SH, Para pejabat utama polres Muba, Yang mewakili Forkopimda, Dinas dan Instansi di kabupaten Muba, perwakilan komisioner KPU Muba dan Bawaslu Muba, sedangkan peserta simulasi diikuti oleh Personil Polres Muba dari berbagai fungsi, personil TNI dari Kodim 0401/Muba, Kompi PHH (Penindakan Huru Hara) Brimob Polda Sumsel, Personil Dishub Muba dan Personil Satpol PP Muba.

Kapolres Muba Akbp. Listiyono Dwi Nugroho saat memimpin apel sebelum pelaksanaan simulasi menjelaskan bahwa Latihan Sispam kota adalah untuk melihat kesiapan Sumber daya manusia, Peralatan atau Sarana dan prasarana, kekompakan serta sinergitas TNI-Polri , pimpinan daerah dan seluruh lapisan masyarakat.

Kami berharap situasi sebagaimana yang diskenariokan dalam simulasi Sispam kota ini tidak terjadi pada tahapan pilkada serentak tahun 2024 ini , Pilkada harus berjalan dengan Aman dan tertib, sehingga pembangunan yang ada di kabupaten Muba ini dapat berjalan dengan baik, namun apapun keadaannya kita harus siap dengan segala kemungkinan. Jelasnya.

Terpisah Kabag Ops polres Muba Kompol Toni Arman SH saat dibincangi menjelaskan bahwa simulasi sispam kota saat ini diasumsikan adanya salah satu Paslon yang kalah dan tidak terima dengan hasil rekapitulasi pemungutan suara pilkada pada rapat pleno di KPUD Kabupaten Muba yang dianggapnya telah terjadi kecurangan dan berencana melakukan aksi unjuk rasa di kantor KPUD dengan tuntutan dilakukan pemungutan suara ulang, massa yang dilibatkan sebanyak 1000 orang lebih dan dirancang untuk rusuh.

Dari skenario tersebut telah ditentukan peran masing-masing, untuk peran para pejabat yang terlibat yaitu Kapolda selaku Ka opsda, Kapolres selaku Kaopsres, Kabag Ops selaku Karendal Ops, Kasat Intel selaku Kasatgas Deteksi, Kasat Lantas selaku Kasatgas Kamseltibcarlantas, Kapolsek Sekayu selaku Kasubsatgas Polsek, Kasat Samapta selaku Kasatgas preventif juga membawahi pasukan Dalmas, Danki Brimob yang memimpin pasukan PHH, Tim Tindak, Tim kesehatan, Negosiator juga tim massa untuk bulsit.

Kemudian sesuai dengan tahapan situasi yang ada masing-masing yang terlibat melakukan aksi sesuai dengan perannya masing-masing, sehingga tergambar siapa berbuat apa dan bertanggung jawab kepada siapa dan tergambar juga bagaimana cara mengatasi suatu keadaan jika itu terjadi. Jelasnya.

Tampak di lapangan personil yang terlibat dalam simulasi sispam kota memainkan perannya dengan serius, sehingga tergambar benar-benar seperti terjadi kerusuhan, yang kemudian situasi berhasil diatasi.

 

 

 

(Indra)