September 19, 2024

Waka Polres Bangka Cek Kesiapan Senjata Api, Pastikan Siap Pakai dalam Tugas

SUNGAILIAT, MB1 II Waka Polres Bangka, Kompol Ayu Kusuma Ningrum, melakukan pengecekan dan pengawasan terhadap senjata api (Senpi) dinas yang dipegang oleh personel Polres Bangka serta Polsek jajaran pada Senin (9/9/2024). Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya memastikan kesiapan operasional seluruh anggota di lapangan.

Pemeriksaan rutin ini dihadiri juga oleh Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (Kabag SDM), Kepala Bagian Logistik (Kabag Log), Kepala Seksi Profesi dan Pengamanan (Kasi Propam), serta personel Polres Bangka yang memegang senpi.

Menurut Kompol Ayu Kusuma Ningrum, pengecekan senpi ini dilakukan secara rutin untuk memastikan bahwa senjata-senjata tersebut tetap dalam kondisi layak pakai. “Kami mengecek kelengkapan surat senjata, kelayakan senjata, kebersihan, dan amunisi untuk memastikan senjata api dinas, baik yang digunakan oleh personel maupun yang disimpan di gudang, tetap terawat dan tidak disalahgunakan,” jelasnya.

Kompol Ayu menambahkan, pihaknya ingin memastikan setiap personel yang memegang senpi memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi untuk menjaga dan merawat senjata yang menjadi inventaris mereka. “Harapannya, ketika ada pengecekan mendadak, personel sudah siap dan senjatanya dalam kondisi prima,” ujarnya.

Selain memastikan kelayakan senjata, pemeriksaan rutin ini juga bertujuan untuk meningkatkan keterampilan anggota dalam penggunaan senjata. “Personel harus tidak hanya mahir menembak, tetapi juga terampil dalam membongkar dan merakit senjata. Ini penting agar mereka mampu mengatasi kerusakan mendadak yang mungkin terjadi saat penugasan,” tambahnya.

Dengan pemeriksaan rutin ini, kata Kompol Ayu, Setiap anggota siap menghadapi situasi apapun di lapangan, dengan peralatan yang selalu dalam kondisi terbaik. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan disiplin dan profesionalisme anggota dalam menjalankan tugas,” tutupnya

 

 

 

(Syamsul Bahri)