September 19, 2024

PERESMIAN PADEPOKAN AJI SABDA PANGRUNGU” DiHADIRI OLEH PARA TOKOH PERGURUAN SILAT DAN TOKOH BUDAYA TANAH PASUNDAN

KABUPATEN BANDUNG, MB1 II Acara Peresmian Padepokan Aji Sabda Pangrungu bertempat di Gedung Kediaman H. Asep Yuda Desa Buahbatu Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung. Minggu 15 September 2024.

Peresmian Padepokan Aji Sabda Pangrungu dihadiri oleh Kepala Desa Buahbatu Asep Sobari juga dari beberapa Padepokan Perguruan Silat juga para tokoh Budaya Sunda Tanah Pasundan Jawa Barat.

Seperti Padepokan Gajah Putih Abah Iwan, Padepokan Kencana Abah Akun.

Padepokan Giri Paku Rasa, Padepokan Silat Alif dan masih banyak Padepokan Pencak Silat yang hadir, menyumbangkan berbagai Kreasi di Puncak acara Peresmian Padepokan Aji Sabda Pangrungu, pada hari minggu 15 September 2024.

Dalam sambutan Pembukaan sekalian Peresmian Padepokan Aji Sabda Pangrungu, H. Asep Yuda yang juga sebagai Ketua Umum BBC SNAKERS USIK sebagai Organisasi Masyarakat dari BUAHBATU CORP (BBC) memaparkan.

“Bahwa sebagai orang Sunda lahir di tanah Sunda, kita harus bisa membangkitkan dan melestarikan seni budaya Sunda yang mulai terkikis oleh jaman Milenial saat ini, pungkas kang Yuda sapaan akrab nya itu, siapa lagi kalau bukan kita sebagai generasi penerus anak bangsa khususnya.

H. Asep Yuda juga menambahkan, dalam sambutannya ada sedikit kekhawatiran timbul dalam hati beliau, takut nanti Seni Budaya Sunda tinggal cerita saja, apalagi kalau kita lihat saat ini, era Globalisasi jaman Milenial adat istiadat tata cara juga etitut dan etika dimata anak – anak jaman sekarang jauh berbeda dengan dulunya.

Seketika terdorong dari hati yang paling dalam ucap H. Asep Yuda mendirikan Padepokan ini, untuk menjaga dan mengajak para generasi anak bangsa ditanah Pasundan khususnya agar terus melestarikan dan menjaga berbagai Seni dan Kreasi Budaya Sunda.

Alhamdulillah, pungkas H. Asep Yuda disela acara sempat menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya dalam peresmian Padepokan ini, Bupati Bandung H. Dadang Supriatna SIP. MSI dan H. ASep Romi Romaya SE. Anggota DPR RI terpilih periode 2024 – 2029 dari fraksi PKB.

Mengapresiasi dan Mendukung kegiatan Seni dan Budaya Sunda, karena juga menjadi Prioritas Pemerintah Kabupaten Kota dan Propinsi Jawa Barat selama ini, Bupati Bandung juga mengirimkan ucapan selamat dengan karangan bunga sebagai bentuk dukungan kepada H. ASEP YUDA salah satu tokoh Sunda yang selalu peduli dalam melestarikan budaya Sunda.

 

 

 

(Red MB1)