September 21, 2024

Kasiops Kasrem 045/Gaya Hadiri Apel Siaga Pengawasan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024

PANGKALPINANG, MB1 II Kasiops Kasrem Kolonel Inf Nurman Syahreda,S.E mewakili Danrem 045/Gaya Brigjen TNI Safta Feryansyah, S.E.,S.I.P.,M.Han Kegiatan Apel Siaga Pengawasan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024, tempat Lapangan Kantor Gubernur Provinsi Kep. Bangka Belitung, Kelurahan Air Itam, Kecamatan Bukit Intan Kota Pangkalpinang, Sabtu (21/09/2024).

Sebagai pengambil apel Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung EM Osycar, adapun pengawas pemilu serentak Tahun 2024 dengan tema “Bersama Rakyat Awasi Pemilu Bersama Bawaslu Tegakan Keadilan Pemilu”

Sambutan Ketua Bawaslu Provinsi Kep.Bangka Belitung Em Osykar mengatakan pemilihan Kepala Daerah Serentak tahun 2024 merupakan hajat besar demokrasi di daerah, dengan proses panjang hingga tahap pencalonan dan pemutakhiran daftar pemilih saat ini.

Tahapan-tahapan puncak lainnya, seperti kampanye pada 25 September 2024, masa tenang, serta pemungutan dan penghitungan suara pada 27 November 2024 mendatang, juga sudah di depan mata.

Pengawasan dalam pemilihan ini menjadi salah satu kunci kelancaran pelaksanaan pilkada, khususnya dalam mencegah dugaan pelanggaran pemilu di setiap prosesnya serta memastikan seluruh tahapan berjalan sesuai koridor peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Seluruh jajaran pengawas pilkada 2024 di Kepulauan Bangka Belitung diharapkan mampu menguatkan profesionalisme, soliditas, serta menyamakan persepsi terkait regulasi kepemiluan.

Tugas pengawas tidaklah mudah, mengingat indeks kerawanan pemilu kita berada pada kategori sedang, sebagaimana dirilis oleh Bawaslu RI. Hal ini memerlukan integritas tinggi untuk melaksanakan tugas secara objektif. Integritas akan mewujudkan demokrasi yang bermartabat dan menghasilkan pemimpin berkualitas.

Ketelitian, kesabaran serta pengetahuan regulasi yang komprehensif sangat dibutuhkan ke depan, terutama dalam menjaga netralitas pengawas dan bertindak sesuai tugas, wewenang, serta kewajiban demi tercapainya pemilu yang demokratis.

Kegiatan dilanjutkan penyerahan secara simbolis pohon manggis sebagai simbol integritas.

Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten III Setda Prov. Kep. Babel Yunan Helmi, Perwakilan Polda Babel AKBP Wahyudi, KBDO Binda Kep. Babel Asep Trisnayuana, Hakim Adhoc Tipikor PT Babel Timbul Wahyudi, Pjs Palaksa Lanal Babel Mayor Laut (P) Ahmad Yuspa, Pidum Kejati Babel Mila Karmila., S.H, Kasi Tindak Pidana Terorisme dan Lintas Negara Kejati Babel Irdo Nanto R, S.H.,MH, Para Anggota Bawaslu dan Para Perwakilan Partai.

 

 

 

( Penrem 045/Garuda Jaya )