September 20, 2024

PULUHAN KRI TNI AL TIBA DI PELABUHAN BENOA, AMANKAN PERAIRAN BALI JELANG WORLD WATER FORUM (WWF) KE-10 TAHUN 2024

BALI, MB1 II Tahun 2024 kali ini Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan World Water Forum (WWF) ke-10 dimana Forum Internasional ini digelar tepatnya di Bali pada 18-25 Mei 2024 mendatang. WWF sendiri merupakan ajang bagi para pemangku kepentingan untuk memecahkan tantangan global dunia pada sumber daya air.

WWF diselenggarakan bersama oleh Dewan Air Dunia alias World Water Council (WWC) dan negara yang menjadi tuan rumah. Tujuan digelarnya WWF juga untuk merumuskan proposal konkret dan untuk membawa pentingnya isu-isu tersebut menjadi perhatian dunia Sejarah mencatat, WWF pertama diadakan di Marrakesh, Maroko, pada 1997.

Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Muhammad Ali setidaknya menurunkan Puluhan KRI ke Perairan Laut Bali demi membantu kelancaran dan kesuksesan kegiatan WWF ke-10 di Nusa Dua Bali tahun ini diantaranya KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992, KRI Makasar-590, KRI Banjarmasin-592, KRI Layang-635, KRI I Gusti Ngurah Rai-332, KRI Marlin-877, KRI Sultan Hasanuddin-366, KRI Banda Aceh-594, dan KRI Teluk Bintuni-520, KRI Ahmad Yani-351, KRI Tongkol-813, serta alutsista lainnya seperti Sea Reader, LCVP dan 2 buah Heli Panther HS 565 Mbe. Upaya ini dilakukan oleh TNI AL untuk menjamin keamanan serta kelancaran menjelang dan selama kegiatan WWF belangsung terutama pada sektor Perairan Laut Bali.

Kedatangan Kapal-kapal perang TNI AL di Bali disambut merplug oleh Prajurit Lanal Denpasar, Komandan Lanal Denpasar Kolonel Laut (P) Endra Kusuma menyampaikan dukungan penuh diberikan Lanal Denpasar terhadap kelancaran KTT World Water Forum sesuai dengan fungsinya sebagai pangkalan 5 R yakni Rebase, Replenishment, Repair, Rest dan Recreation.

 

 

(Red MB1)