September 21, 2024

Keluarga Besar DPD FWD-I BABEL Mengucapkan Selamat Dirgahayu HUT RI Ke 79 Tahun

PANGKALPINANG, MB1 II Keluarga Besar Dewan Pimpinan Daerah Forum Wartawan Daerah Indonesia Bangka Belitung (DPD FWD-I BABEL) Mengucapkan Selamat Dirgahayu Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Yang Ke-79 Tahun. Setiap tahun pada tanggal 17 Agustus, seluruh rakyat Indonesia merayakan hari kemerdekaan negara tercinta. Tahun ini, perayaan HUT Republik Indonesia yang ke-79 mengusung tema “Nusantara Baru Indonesia Maju” berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, momen peringatan Kemerdekaan HUT RI ke- 79 kali ini berbeda, karena bersamaan dengan momen penyambutan Ibu Kota baru Indonesia di Nusantara.

Tema HUT RI ke-79 Tahun 2024 adalah tema besar yaitu “Nusantara Baru Indonesia Maju”. Dikutip dari dokumen Pedoman Identitas Visual HUT ke-7 Kemerdekaan RI, momen HUT RI ke-79 2024 juga bertepatan dengan 3 momen transisi penting, yaitu:

1. Menyongsong Ibu Kota Baru

Tahun 2024 adalah tahun perpindahan ibu kota negara ke Nusantara. Ini adalah langkah strategis yang diambil Indonesia untuk mengimbangi perkembangan wilayah dan pemerataan ekonomi (bukan hanya sekadar relokasi administratif).

2. Perpindahan Tongkat Estafet Kepemimpinan Presiden

Tahun ini juga ada proses pergantian kekuasaan dari satu presiden ke presiden berikutnya setelah pemilu.

3. Indonesia Emas 2045

Indonesia Emas 2045 merupakan visi besar yang dicanangkan Indonesia. Tujuan untuk menjadikan negara ini sebagai salah satu kekuatan ekonomi dan politik dunia.

Dengan tema tersebut, diharapkan perayaan 17 Agustus 2024 bisa menjadi momen penuh makna bagi seluruh rakyat Indonesia.

Makna Logo HUT RI ke-79 RI 2024

dok. Sekretariat Negara berdasarkan Identitas Visual HUT ke- 79 RI yang dirilis oleh Kementerian Sekretariat Negara RI (Kemensetneg RI), berikut penjelasan filosofi atau makna logo HUT ke-79 RI.

1. Negara Kepulauan

Angka 79 dibentuk dari beberapa bagian yang merupakan satu-kesatuan dan berkaitan. Ini menggambarkan Indonesia sebagai negara kepulauan.

2. Lambang Negara

Lambang negara berisi salah satu pilar kebangsaan yakni Pancasila, dan melambangkan kekuatan yang dimiliki negara.

3. Pertumbuhan Ekonomi

Angka 7 yang menyerupai anak panah mengarah ke kanan atas adalah simbol harapan Indonesia untuk meningkatkan investasi dan ekspor. Hal ini bertujuan untuk memenuhi misi Indonesia dalam menggerakkan ekonomi.

4. Keberlanjutan

Arah lengkungan dari berbagai arah yang saling terhubung satu sama lain, memiliki filosofi prinsip pembangunan negara yang berkelanjutan.

5. Ekonomi Hijau

Bentuk dahan dan daun dari angka 9, mengandung makna prinsip pembangunan negara yang berlandaskan pada ekonomi hijau, bersinergi dengan alam, serta selalu memperhatikan asal muasal budaya dan identitas.

6. Persatuan dan Harapan

Kaki angka 7 dan 9 terbentuk dari bentuk yang sama, membentuk dua tangan yang menyatu sebagai simbol persatuan masyarakat Indonesia walaupun meskipun pendapat yang berbeda-beda.

7. Kesetaraan

Dua gelombang dengan arah yang sama, di atas dan di bawah merepresentasikan tujuan Indonesia. Dilosofinya yaitu desentralisasi dan pemerataan pembangunan demi mencapai kesetaraan.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Forum Wartawan Daerah Indonesia Bangka Belitung (DPD FWD-I BABEL) Ahmad menjelaskan, “Tema untuk HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023 ialah “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”. Tema ini mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia, baik individu, kelompok, maupun institusi, untuk bersatu padu dalam mewujudkan kemajuan yang lebih besar dan jauh. Dalam semangat ini, kita diingatkan bahwa kesatuan adalah kunci untuk mengatasi berbagai tantangan dan mengangkat Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi”, sedangkan di HUT RI ke- 79 tahun ini Nusantara Baru Indonesia Maju jadi menyambut Ibu Kota baru Indonesia di Nusantara,” ucapnya.

Ahmad pun menjelaskan, HUT RI Ke- 79 beda dengan sebelumnya dikarenakan ini menyongsong ibu kota baru tahun 2024 dan memiliki penuh makna bagi seluruh rakyat Indonesia. Nusantara Baru Indonesia Maju menggugah semangat kemerdekaan.

 

 

 

 

(Andi M)