September 21, 2024

Pemdes Dayeuh Cileungsi Gelar Musdes, Bahas RKPDes Perubahan Anggaran 2023

DAYEUH – CILEUNGSI – BOGOR – MB1 || Pemerintah Desa Dayeuh Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor Gelar Musyawarah Desa (Musdes) yang diadakan di Aula Kantor Desa Dayeuh pada Rabu, (06/09/23) yang dihadiri diantaranya, dari pihak Pendamping Desa, Kecamatan Cileungsi, Kepala Desa, Sekretaris Desa, tokoh masyarakat Desa, dan Lainnya.

Kepala desa Dayeuh, Jamhali BJ, SE, saat diwawancarai mengatakan bahwa acara musdes yang diadakan ialah untuk pembahasan terkait tentang perubahan RKPDes anggaran tahun 2023.

Kepala Desa juga menjelaskan diadakannya acara musdes ini bertujuan untuk setiap lembaga desa harus mengetahui tentang adanya perubahan – perubahan yang diajukan dengan anggaran yang turun karna banyak yang dipangkas.

“Artinya efesiensi, untuk mempuni beberapa kegiatan dibeberapa titik lokasi pembangunan agar sesuai dan singkron dengan kondisi yang ada,” jelasnya, Jamhali BJ. SE.

Dengan diadakannya Musyawarah Desa ini, Sambung Kepala Desa, pihaknya juga sekaligus memberikan santunan kepada anak yatim yang berprestasi berupa beasiswa.

“Total beasiswa yang Kita berikan kepada 16 anak didik berprestasi yang dari setiap RW nya, dan bantuan untuk kegiatan posyandu,” ujar Kepala Desa.

“Kita semua berharap desa Dayeuh bisa lebih baik untuk kedepan, pencairan anggaran tidak turun nilai pagu anggarannya agar yang diusulkan oleh para ketua RT bisa terlaksana,” pungkasnya.

Sementara Pendamping Desa menyampaikan dalam musdes terkait perubahan RKPDes tahun anggaran 2023 berkaitan dengan indikatif ke defenitif adanya perubahan, dimana ada titik yang tidak dilaksanakan dan insyaallah akan dilaksanakan untuk tahun depan,” tuturnya

Yang kedua ialah, masih pendamping desa, terkait musdes tahun anggaran 2024 selain di pembentukan penyusunan nantinya, tim akan mereview ulang dokumen RPJMDes dimana merumuskan rincian anggaran biaya kegiatan prioritas yang dilaksanakan selain dari pada anggaran pemerintah desa, seperti pembangunan desa, pembinaan masyarakat pemberdayaan masyarakat dan kegiatan tak terduga,

“Terutama prioritas penggunaan anggaran desa di tahun 2024,” terangnya Pendamping Desa

Sementara Sekdes Dayeuh, H. Nazmudin, Spd menjelaskan bahwa dalam pembahasan Apbdes, dan diperubahan apbdes sudah terserap dengan baik, hanya BPHRD yang belum cair di tahap 2.

Terkait regulasi dalam pencairan anggaran, Sekdes menyampaikan bahwa Pemdes Dayeuh selalu sigap dengan penyusunan pengajuan persyaratan yang sudah ditentukan.

“Kita selalu sigap dengan program yang kita ajukan, kenapa lebih cepat, itu karna persyaratan sudah sampai dengan yang apa yang mereka persyaratkan, sebagai regulasi yang sudah di tentukan,” jelasnya Sekdes Dayeuh.

“Untuk program ketahanan pangan, kita terapkan Nabati dan Hewani, yang sudah dilaksanakan seperti tanaman hidroponik dibeberapa titik yang sudah berjalan dan perternakan sapi,” pungkasnya

Untuk program posyandu, Masih Sekdes, direalisasikan bantuan pembangunan di 8 RW dan juga adanya program beasiswa.

“Bantuan untuk Posyandu bersumber dari ADD, BANPROV dan regulasinya langsung ke rekening posyandu, sistem transfer, dan itu bentuknya transparan,” sambungnya.

“Semoga Jeripayah kita melayani masyarakat menjadi ibadah untuk kita semua. Mudah mudahan dapat penambahan dari dana desa, kita masih berjuang untuk dapat penambahannya, InsyaAllah semua perjuangan ini dapat terlaksana,” ujarnya, Sekdes Dayeuh.

Dirinya berharap, Desa Dayeuh dapat lebih baik lagi ke depannya dan BPHRD dapat mengkaper kegiatan dan program di desa dayeuh,” tutup Sekdes.

 

 

(Red MB1)