September 20, 2024

KSOP Manado, Letkol Marinir Benyamin Ginting Komitmen Melayani Masyarakat Dan Mensukseskan Pelayaran Tranportasi Laut Untuk Arus Mudik Nataru

KOTA MANADO – MB1 II Kepala Kantor Kesyahbandar dan otoritas pelabuhan ( KSOP) Manado, Letkol Marinir Benyamin Ginting menyatakan, sesuai instruksi kementrian perhubungan Republik Indonesia, untuk penyelengaraan Nataru harus dilakukan secara bersinergi dengan melibatkan seluruh unsur yang terkait.

Selain itu diperlukan komitmen bersama untuk melayani masyarakat dan mensukseskan pelayaran angkutan laut arus mudik Natal dan tahun baru.

” Kita buat komitmen bersama yang isinya ada empat poin, bahwa kami bersinergi, berkomunikasi, berkolaborasi dengan penuh integritas bersama-sama menyelenggarakan dunia angkutan laut untuk Nataru 2023 dan 2024 di pelabuhan Manado dengan baik lancar , tertib, aman dan selamat, itulah konsep kami,” Kata KSOP Manado , Lelkol Marinir Benyamin Ginting. kepada sejumlah awak media.

Di tempat yang sama, Agustinus Mabuka ST Selaku kepala sub bagian Tata usaha, kantor Kesyahbandar dan otoritas pelabuhan ( kSOP) Manado menuturkan, untuk Transportasi laut menjelang Nataru, berjalan lancar dan aman karena di dukung dengan kondisi cuaca yang baik.

“Disisi lain sesuai arahan dari kepala kantor Kesyahbandar dan otoritas pelabuhan ( KSOP) Manado Letkol Marinir Benyamin Ginting telah di bangun lima Posko terpadu angkutan Nataru, secara teknis di tempat strategis guna mengatur akses masuk pelabuhan dan kelancaran serta ketertiban arus barang dan orang,” ujar kepala Sub Tata usaha KSOP Manado Agustinus Mabuka ST. Sembari menambahkan menjelang Nataru ini, KSOP Manado telah menyiapkan 20 Kapal Angkutan nataru dan sudah diperiksa kelaiklautan kapal atau pengoperasian kapal telah memenuhi persyaratan keselamatan kapal.

Selain itu, terkait dengan cuaca pada bulan Desember sering tidak menentu, namun sejak dari tanggal 18 – 30 Desember 2023 lonjakan penumpang sangat meningkat untuk Nataru di kabupaten kepulauan Talaud, Kabupaten kepulauan Sangihe dan kabupaten kepulauan Sitaro, dengan cuaca yang sangat baik, mendukung kelancaran kapal berlayar di laut.

“Namun wujud dari tanggungjawab KSOP dalam bidang keselamatan pelayaran, maka kami selalu berkoordinasi dengan badan Meteorologi dan Geofisika ( BMKG) untuk informasi prakiraan cuaca. Kemudian Komitmen dari KSOP Manado yang di pimpin oleh Letkol Marinir Benyamin Ginting, Melayani Masyarakat dan Mensukseskan Tranportasi Laut Untuk Arus Mudik Nataru.”ucap kepala Sub Tata usaha KSOP Manado, Agustinus Mabuka ST menutup perbincangan, bertempat di ruang kerjanya, Sabtu (30/12/2023).

Di tempat terpisah Vecky Bayang SH. penumpang Km Mercy Teratai yang akan berangkat ke Sangihe, Dia memaparkan biasanya pada bulan Desember cuaca di laut tidak bersahabat, namun hari ini cuacanya sangat baik sehingga untuk pemberangkatan aman.

“Kami sangat mengapresiasi kinerja dari KSOP Manado, melaksanakan fungsi keselamatan dan ketertiban di pelabuhan sehingga kami sebagai penumpang merasa nyaman dan aman.”Ujar Vecky Bayang SH., mengakhiri percakapan.

 

 

 

(Johanis /NOFER)