September 21, 2024

Ini Penekanan Kapolda Babel Di Hadapan Jajaran Fungsi Binmas

BANGKA BELITUNG – MB1 || Dit Binmas Polda Bangka Belitung melaksanakan kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis), Rabu (11/10/2023).

Kegiatan rakernis tersebut di Buka langsung Oleh Kapolda Bangka Belitung, Irjen Pol Drs Yan Sultra, S.H di Gedung Tribrata Polda Bangka Belitung.

Rekenis Dit Binmas Tahun 2023 ini mengangkat tema “Optimalisasi Fungsi Binmas Guna Menciptakan Kamtibmas Yang Kondusif Dalam Menghadapi Pemilu Tahun 2024”.

Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan beberapa penekanan untuk dapat dipahami dan dilaksanakan oleh seluruh Peserta Rakernis Dit Binmas Bangka Belitung Tahun 2024 yakni,

Pertama: Cermati setiap fenomena yang berkembang dalam masyarakat, terutama di desa-desa agar tidak berkembang menjadi gangguan kamtibmas, melalui kegiatan preemtif seperti penggelaran bhabinkamtibmas di desa-desa, patroli dialogis didaerah rawan kamtibmas dan pulau -pulau terluar, laksanakan kerjasama tiga pilar kamtibmas yakni bhabinkamtibmas, bhabinsa dan kepala desa.

Kedua: Pelihara dan tingkatkan situasi kamtibmas agar tetap kondusif dengan upaya-upaya yang bersifat strategis dan antisipatif, yakni antara lain dengan menetapkan berdasarkan kalkulasi dan eskalatif kerawanan desa meliputi desa atau kelurahan binaan.

Ketiga: Tingkatkan sinergitas polisional dan terobosan kreatif dengan seluruh stake holders terkait tugas-tugas kepolisian dalam rangka mendukung terlaksananya agenda prioritas baik program prioritas Kapolri maupun kebijakan pemerintah lainnya.

Keempat: Kuasai pedomani dan implementasikan sistem dan metode yang meliputi perundang-undangan, peraturan-peraturan Kapolri, petunjuk-petunjuk yang terkait pola pengamanan, tahapan-tahapan pemilu 2024 serta jaga netralitas polri pada pemilu nantinya.

 

 

 

(ANDI.M)