Agustus 3, 2024

Religius dan Peduli: PT Timah Tbk Berkontribusi dalam Pembangunan Masjid dan Rumah Ibadah

PANGKALPINANG – MB1 II PT Timah Tbk menyalurkan program tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) untuk mendukung pembangunan puluhan rumah ibadah di wilayah operasional perusahaan.

Sebanyak 35 rumah ibadah di Provinsi Kepualuan Bangka Belitung dan Provinsi Kepulauan Riau menerima bantuan PT Timah Tbk medio Januari-September 2023.

Rumah ibadah yang menerima bantuan PT Timah Tbk seperti Masjid, Musala, Gereja dan Klenteng. Bantuan yang diberikan PT Timah Tbk untuk selain untuk pembangunan tapi juga mendukung infrastruktur rumah ibadah tersebut.

Anggota holding industri pertambangan MIND ID ini juga kerap mendukung kegiatan keagaman masyarakat seperti peringatan Hari Besar Keagamaan di wilayah operasional perusahaan. Selain itu, juga mendukung sarana pendidikan agama seperti TPA dan TPQ.

Salah satu masjid yang menerima bantuan dari PT Timah Tbk yakni Masjid Al Iman, Desa Kundur Barat, Kabupaten Karimun. Pengurus Masjid Al Iman Sukarman mengatakan, bantuan dari PT Timah Tbk mereka manfaatkan untuk perbaikan perbaikan drainase di sekitar masjid. Pasalnya jika saat musim hujan masjid kerap tergenang air yang mengganggu kenyamanan jemaah.

“Bantuan ini akan digunakan untuk perbaikan saluran drainase di sekitar masjid. Apabila musim hujan area sekitar masjid sering banjir karena air dari jalan masuk ke lingkungan sekitar masjid sehingga. Kita buat drainase supaya air hujan tidak menggenangi di sekitar masjid,” katanya.

Masjid lainnya yang menerima bantuan dari PT Timah Tbk, Masjid Al-Ihsan Dusun Lalang, Desa Mentawak, Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur.

Ketua Yayasan dan BKM Masjid Al-Ihsan, Haliliasi mengatakan, mereka sudah mulai membangun baru masjid Al Ihsan sejak tiga tahun lalu. Namun saat ini masih belum selesai karena mengandalkan dana swadaya masyarakat.

“Ide awal pembangunan masjid baru itu, karena kondisi masjid sudah lama dan kapasitas terlalu kecil sehingga saat jumat apalagi lebaran tidak bisa menampung jemaah dan jemaah harus berada di luar masjid.

“Proses pembangunan masjid ini dari mulai timbun tanah selama satu tahun dan 2019 baru mulai pembangunan. Jadi bantuan PT Timah Tbk sangat bagus dan menunjang proses pembangunan masjid ini,” sebutnya.

 

 

 

 

(Syamsul Bahri)